Pelatihan Jurnalistik SMP se-Jawa Tengah




                Hari itu, 9 April 2012. Diadakan “Pelatihan Jurnalistik Siswa SMP se- Jawa Tengah” yang diikuti oleh 56 SMP RSBI dan SMP SSN se- Jawa Tengah.  Sekolah saya adalah SMP Negeri 1 Weleri, salah satu SMP unggulan di Kabupaten Kendal dan menyandang predikat SMP RSBI tahun 2009 lalu. Pelatihan ini diadakan di Hotel Lor In, Karanganyar 9-12 April 2012 sebagai kloter ke-2.
                Sekolah saya, SMP Negeri 1 Weleri juga tak ingin melewatkan kesempatan ini. Sekolah kami mengirimkan 4 kontingen dan 1 pendamping untuk ikut serta dalam kegiatan ini. Dan mereka adalah:
1. Farakh Khoirotun Nasida          : (Saya XD) – Sekertaris OSIS ,
                                                       yang saat itu masih duduk di kelas VIII A.
2. Anindita Dwi Kurniasari             anak VIII B pada saat itu. :p
3. Kukuh Said Musa                      : Ketua OSIS, VIII F, haha
4. Jundan Nur Huda                      : VIII C
5. Ibu Romdonah, S.Pd                 : guru pembimbing
                Awalnya, saya di call sama bu Rom untuk mengirimkan tempat, tanggal lahir saya. Ternyata, untuk mendaftarkan saya dan teman-teman di kegiatan ini.
                Tanggal 9 April pagi, kami sudah check out dari sekolah untuk menuju tempat tujuan : LOR IN HOTEL, Solo. Jam 12, kami sampai di Hotel Lor In. Menurut edaran nya, peserta check in jam 12.30. Hotel Lor In semakin ramai dengan anak-anak SMP yang mententeng koper dan printer saat itu. Sebenarnya saya merasa cukup minder melihat banyak banget peserta yang sudah berpengalaman dalam media di sekolah mereka. Haha, tapi gue PD aja deh. Sampai pukul 14.00 kami baru bisa check in karena kedatangan panitia yang terlambat, huft.





                Kami langsung istirahat, kamar hotelnya cukup nyaman yah, tapi yang bikin gue kesel tuh, kamar mandinya banjir mulu, beh. Mana shower juga mati lagi. Arrrghhh... Lalu, kami mandi dan langsung menghadiri acara pembukaan di ballroom hotel. Acara dibuka sama bapak Jhony Lorang. Pak Jhony sempet memainkan semacem games gitu yah. Yang dia panggil menyebutkan satu kata tentang kotak kacamatanya. Daann, dari ratusan peserta dalam ballroom, kenapa harus nama GUE yang dipanggil? HUFT  Akhirnya, saya pun hanya bisa bilang “Gelap” udah, gitu aja. Huahaha.



(baca dari kiri: Farakh/Saya, Bu Rom, Kukuh, Anin)


(baca dari kiri : Jundan, Saya, Anin, Kukuh)

                Acara berakhir sekitar pukul 22.00. Daan kami pun balik ke kamar. Mungkin sebagian peserta tidur untuk malam ini, tapi kami berusaha nyicil dikit-dikit untuk mengerjakan kerangka majalah (walaupun belum diajarkan sama sekali) yaudah, akhirnya sampe tengah malem kita gak tidur. Cuma bisa tidur beberapa jam aja.



                Besok paginya, kami dikelompokkan dalam 5 kelas. Gue lupa dapet kelas yang mana mungkin antara B atau C. Kami diberi materi oleh 4 orang narasumber. They are:
1. Bu Kartika
2. Bu Sukati
3. Pak Suharto
4. Pak Pras
Kami diberi berbagai macam materi mulai dari artikel sampai layout dan publikasinya. 

 membantu narasumber :)


 mengerjakan tugas dari narasumber ^^


Kami kerja sampe habis maghrib daan, Aku sama Anin belum mandi :p. Akhirnya kami kembali ke kamar buat mandi gantian. Terus, kami balik lagi ke ballroom. Suasana ballroom ramai sama peserta yang lagi ngerjain majalah lah, ada yang udah di print lah. Ada juga yang udah dicetak, huhu mental gue udah minder duluan nih. Akhirnya, kami balik ke kamar dan ngelanjutin.



(baca dari kiri: Anin, Saya, Bu Sukati, Jundan, Kukuh)


                Kami begadang ngerjain itu majalah. Sampai-sampai jam 2 pagi, waktu gue sama Kukuh lagi tiduran, akhirnya... ketiduran. -_- Tingggal Jundan, Anin, dan Bu Rom yang masih ngerjain. Gak lama, jam setengah 4 kita gantian tidur, saatnya gue, Kukuh sama Jundan yang ngerjain. Akhirnya, semua kertas berhasil dicetak. Alhamdulillah, I Love you Printer :*
                Jam setengah 6 kami lari ke penginapan juri buat ngasih itu majalah. Alhamdulillah :) diterima. Jam 8 kami kumpul buat acara penutupan, presentasi majalah buat 10 besar dan penyerahan hadiah. Kami dengan berdebar nunggu pengumuman. Ynag berhasil masuk 10 besar adalah:
1. SMP N 1 Karanganyar
2. SMP N 2 Salatiga
3. SMP N 2 Kudus
4. SMP N 1 Polokanto
5. SMP N 1 Muntilan
6. SMP N 1 Karangkobar
7. SMP NEGERI 1 WELERI, seketika itu kami langsung teriak, tos, berpelukan. Haha :D
8. SMP N 3 brebes
9. SMP N 1 Lasem
10. SMP N 1 Selogiri
Akhirnya lega, tapi apa, Kami belum persiapan sama sekali untuk presentasi, you know? Lihat di depan kita SMP N 1 Polokanto udah siap banget, kami mulai nyut-nyutan. Untungnya, kami dapat nomer undi 9, kami langsung kerja cepat buat siapin presentasi. Dan... akhirnya kami berhasil presentasi dengan mulus.

Kami diberi komentar oleh Bu Sukati tentang artikel-artikelnya. Ada satu majalah yang sangat menyita perhatian kami dari SMP N 2 Salatiga kayaknya, yang mereka presentasi dengan format kertas yang untuk dicetak sebagai majalah beneran. Hampir perfectionis.
                Jujur, kami pesimis dengan hasil kami tadi. Kami hanya bisa do’a semoga usaha kami bebuah manis. :) kami gak mengharapkan akan juara 1, tapi setidaknya masuk 5 besar wae, haha. Saat pengumuman. 5 terbaik majalah sekolah:
“Peserta terbaik 5 diraih oleh SMP Negeri 2 Salatiga.”
Apa? Kita semua kaget, kenapa yang perfect aja bisa nomer 5, sedangkan kami... putus asa... >,<
Tapi kenyataan berkata lain,
“Peserta terbaik 4 diraih oleh SMP NEGERI 1 WELERI.”
Huaaa,, kami langsung maju ke depan dengan wajah berseri-seri seakan belum percaya. Alhamdulillah ya Allah, akhirnya kami bisa membanggakan nama sekolah kami. :)
Kami pun pulang ke sekolah dengan membawa sejuta pengalaman indah, haha lebay. Bye All! :D

Komentar

  1. haiii, aku dari SMP 4 Klaten :)
    thanks udah visit blog ku ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe,, thanks juga ya udah visit ke sini juga :)
      salam kenal ya^^

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBERONTAKAN YANG DIDALANGI PEMERINTAH KOLONIAL BELANDA

Review: Kepunan - Benny Arnas

Puisi (10): Refleksi Diri