Pengalaman Berburu PTN dan PTK: USM STIS 2016

Holla!
Baru sempat ngeblog lagi setelah sebulan kemarin sibuk banget dengan acara kampus tercinta.

Kali ini saya pengen berbagi pengalaman tentang gimana sih Ujian Saringan Masuk (USM) STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) itu.

STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) adalah perguruan tinggi kedinasan di bawah Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia. STIS adalah salah satu PTK yang diminati banget sama siswa-siswi SMA karena untuk prodi D4 memang hanya dibuka untuk lulusan SMA. STIS membuka prodi D3 dan D4 untuk tahun 2016 ini.

Nah, untuk Prodi D4 pada tingkat 2 nantinya akan dijuruskan ke :
-D4 Statistika à Statistika Ekonomi – Statistika Kependudukan
-D4 Komputasi Statistik
Setiap tahunnya STIS menerima kurang lebih 500 orang mahasiswa-mahasiswi terbaik (tergantung pada kebutuhan BPS juga). Untuk tahun ini, jumlah seluruh angkatan 58 adalah 526 orang yang terdiri atas prodi D-IV Ikatan Dinas, DIV Tugas Belajar, dan Prodi D-III.

Kenapa harus masuk STIS?
  1. Perguruan Tinggi yang terbaik dalam bidang statistik. Buat teman-teman yang serius ingin belajar statistik, STIS adalah tempat terbaik deh pokoknya.
  2. Meringankan beban orang tua. Gimana enggak? Mahasiswa STIS dibebaskan dari biaya kuliah sama sekali. Hanya dikenakan biaya saat daftar ulang buat beli seragam, biaya BN, dan lain-lain.
  3. Dapat Tunjangan Ikatan Dinas (TID) 1 juta per bulan. Nah, ini yang paling menggiurkan mengingat nggak semua PTK ngasih TID.
  4. Langsung ditempatkan di BPS seluruh Indonesia. Nah, kalau pengen ditempatkan di BPS Pusat harus bisa masuk 10 lulusan terbaik.
  5. Kesempatan beasiswa kuliah s2 dan s3 terbuka lebar.

USM STIS 2016 (Tahap I)
Pendaftaran USM STIS 2016 udah dibuka sejak tanggal 1 Maret 2016 dan saya langsung gercep daftar tanggal 3 Maret sehingga dapet nomer ujian yang paling depan (330005). Waktu itu masih sibuk-sibuknya mempersiapkan UNBK. Dan ternyata tanggal 15 Maret KEMENPAN-RB baru aja ngumumin kalau gak boleh daftar di 2 PTK. Sempet galau sih karena tadinya saya ngincer STAN juga. Tapi akhirnya, STIS bikin kebijakan yang bijak banget bahwa yg daftar sebelum tanggal 15 boleh daftar lagi di 1 PTK lain. HORE!

Sebenarnya, saya udah mulai nyicil-nyicil belajar soal USM STIS sejak kelas 11, tapi baru sekadar tahu pola-pola soalnya. Yang udah baca post sebelumya pasti udah tahu kisah saya yg ini xD *pd banget pdhl blog gaada yg baca*. Ohiya materi USM STIS itu tadinya ada 3 yaitu:
  1. Matematika
  2. Bahasa Inggris
  3. Pengetahuan Umum  (tahun ini ditiadakan karena kebanyakan test kali ya :D)
Maka saat liburan naik kelas 12, saya mulai gencar nyari-nyari soal USM STIS 5 tahun sebelumnya dan mulai saya buka materi-materi kelas 10 dan 11 yang kira-kira banyak keluar di soal USM. Usahakan lengkap ya 5 tahun sebelum, syukur bisa lebih karena itu sangat membantu. Sambil nunggu-nunggu buku dari KOPMA yang tak kunjung datang (baru ada bulan Maret), saya browsing-browsing di internet dan saya print out semua karena saya tipe orang yang kalo belajar harus sambil nyoret-nyoret. Saya selalu tanya sama temen-temen yang ikut OSN Matematika atau yg pinter matematika buat ngajarin soal-soal yang saya gak paham. Sering juga saya minta tolong guru les di bimbel.
Intinya, kalau usaha itu harus total. Jangan setengah-setengah. Jangan malu buat belajar.
Pertengahan April 2016, UNBK usai dan kami seangkatan mulai melanglang buana ngejar cita-cita masing-masing. Banyak diantara teman-teman saya yang daftar STAN ikut bimbel-bimbel gitu yang bikin saya juga envy. Sebenernya saya pengen ikutan, tapi saya juga nggak pengen fokus saya timpang antara STIS dan STAN. Akhirnya saya mutusin buat gak ikut bimbel. Belajar sendiri. Bener-bener sendiri. :’(
Nah, karena saya gaikut bimbel, saya sadar diri harus ngatur pola belajar sendiri. Caranya adalah dengan bikin jadwal belajar. Simple, tapi membantu banget kalau kita disiplin. Misal minggu ini harus selesai sub bab kalkulus, yaudah seminggu ini harus gencer belajar kalkulus, jangan kegoda belajar geometri dulu. Kalau ngelihat temen-temen udah pada pinter geometri, calm down dulu. Kamu belum waktunya. Terus kalau ngelihat temen males belajar, jangan ikut kegoda malesnya. Justru ajak mereka belajar bareng.
Yang gak kalah penting juga, kenali diri kamu. Gimana cara belajar yang paling ajib buat dirimu sendiri. Misal, saya paling suka belajar dengan bikin ringkasan secara keseluruhan, baru latihan soal. Lakuin itu secara rutin. Jangan lupa siapin suasana dan mood yang enak buat belajar. Jangan lupa berdoa.
Dengan persiapan yang mateng, akhirnya saya berangkat ke GOR Jatidiri Semarang untuk USM STIS 2016 Tahap I. Sore sebelumnya, dengan niat pengin survey lokasi saya liat-liat lapangan bola yang gede *udah sempet masuk dan duduk* yang saya kira bakal digunakan buat tes besoknya. Klowor bgt -_- dan ternyata malemnya saya baru tahu kalo yg dipake itu GOR bukan Stadion, wkwkwk. Nah besoknya saya berangkat udah gak kesasar lagi. Kaget sih, awalnya ngelihat 8000 orang udah duduk tenang di tribun. *muka-muka pinter semua lagi* Tapi saya belajar cuek aja sambil ngatur mood dan hati biar tenang pas ngerjain. Waktu itu saya dapet tribun paling depan. Alhamdulillah di depan kipas persis, hikmah daftar awal wkwkw. Bayangin aja GOR isinya 8000 orang dan harus ngerjain soal yang susahnya nauzubillah kalo harus kepanasan juga. Mateng deh.
Soal pun dibagi, kaya tahun-tahun sebelumnya ada satu amplop yang gambarnya STIS, isinya soal Matematika dan Bahasa Inggris (kertasnya pink). Sesi pertama dimulai, saya pun mulai ngerjain soal-soal matematika. Dalem hati udah dagdigdug nggak karuan, tapi tetep berusaha enjoy dan fokus. Gila, soalnya susah-susah bgtttt beda sama taun-taun sebelumnyaaaa!! Rasanya pengen teriak gitu. Dan sempet terfikir: yaudah sih, mungkin belum rejekinya. Dan waktu pun selesai, saya cuma berhasil menjawab 25 dari 60 soal matematika, dan itu banyak yg gayakin juga -_-
Sesi 2 Bahasa Inggris saya bales dendamm. Mulai nggak nerves karena soal-soalnya familiar dan polanya relatif sama kayak tahun-tahun sebelumnya. Dan taraaaa saya berhasil menyelesaikan 58 dari 60 soal~~ Keluar dari GOR, ternyata temen-temen juga ngerasain hal yang sama jadi saya bisa sedikit lega.

Tanggal 28 Mei 2016, jam 03.00 dengan tangan dingin, badan gemeter saya buka web STIS. Sebenernya sudah pesimis banget soalnya saya ditolak STAN duluan—saya ngerasa USM STAN lebih mudah dari USM STIS. Alhamdulillah... 330005 lolos tes tahap 1. Allahuakbar! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBERONTAKAN YANG DIDALANGI PEMERINTAH KOLONIAL BELANDA

Review: Kepunan - Benny Arnas

Puisi (10): Refleksi Diri