Love, Life, and Music

Sebuah cerpen karya gue :) Happy reading!



Love, Life, and Music
               
                Nama gue Vani, anak kelas XII IPS 1 SMA Nusa Bangsa. Hari itu hari pertama gue masuk sekolah alias baru liburan. Sebagai pengurus OSIS otomatis gue sibuk ngurusin anak baru yang lagi kita MOS. “Hai, Van!”
“Eh, hai juga Vid”
Dia Vidi sahabat gue dari kecil. Sekarang pun gue masih sekelas aja sama tuh anak. Dia salah satu anak populer di sekolah. Maklum lah, mana ada yang gak kagum sama dia, secara dia itu ganteng, baik, pinter, dan multitalenta banget deh. Semua anak di sekolah tau dia deh pokoknya.
“Lagi sibuk ngapain Van? Kayaknya lo lagi pusing banget ya?” tanya Vidi.
“Iya nih Vid, gue lagi pusing banget ngurusin acara  MOS nya anak baru. Udah anaknya pada kepo, sotoy, susah banget diatur.” Jawab gue datar.
“Sabar aja lo Van, namanya juga ade kelas, lo harus jadi kakak kelas yang baik dong. Keep spirit ya” kata Vidi nyemangatin gue.
“Iya Vid, thanks ya.” Jawab gue sambil senyum.

Disaat kayak gini, cuman Vidi yang ada di samping gue. Kadang gue juga suka heran deh, dia kan udah populer di sekolah, masih aja mau temenan sama gue yang ga jelas ini. Gue orangnya tomboy, cuek, gue juga ga cantik-cantik amat deh kayaknya. Tapi dia masih mau temenan sama gue, Vidi itu best friend gue deh pokoknya.
Gue juga kagum banget sama si Vidi. Walaupun dia udah sempurna di mata orang-orang, dia gak pernah sombong tuh, ramah pula sama setiap anak, dia juga patuh sama guru-guru. Cuma, dia anaknya agak pendiem, jadi kurang gaul gitu. Beda ama gue, gue anaknya emang ga menarik-menarik banget sih, tapi gue aktif anaknya, hobby gue dengerin musik, tapi ga pinter nyanyi. Gue jago main basket tapi. Jadilah gue kepilih jadi Seksi Olahraga di tubuh Osis, hehe.
           Kegiatan MOS di sekolah gue beda ama sekolah lain. Di sini, ga ada tuh namanya ngerjain adek kelas atau apapun. Kita cuma maen-maen games aja kok. Tapi berhubung tuh ade kelas pada kepo, sotoy, sama susah diatur, jadilah gue pusing banget.
Beberapa hari kemudian...
Tet... tet.... bel udah bunyi.
Niatnya sih, gue mau traktir Vidi ke Kantin. Dia lagi baca buku tapi. Semoga aja mau deh.
“Vid, ke kantin yuk? Laper nih.” Pinta gue memelas.
“Sendiri aja deh Vin, gue lagi sibuk.”
“Ciee... sok sibuk banget sih lo? Gue traktir deh, mau?.” Vidi mikir juga akhirnya.
“Mmmm... Oke deh.” Sip, akhirnya dia mau juga.
“Gimana Van, sukses kan MOSnya.” Tanya Vidi.
“Alhamdulillah, sukses Vid.” Jawab gue sumringah
“Dalam rangka apa elo traktir gue? Tumben tumbenan banget nih anak.”
“yee,,, elo lupa yah? Udah cek fesbuk belon lo?.”
“belom lah, males gue. Apaan sih?.”
“Gue ultah hari ini Vid.” Jawab gue males banget, ternyata dia lupa sama ultah gue.
“Oh ya?.”
“Woww...” jawab gue makin Bete.
Vidi makan lahap bener yak, hihihi. Sampe belepotan segala, laper ape doyan nih anak.
“Thanks ya Van, kenyang deh gue sekarang, hihi.” Vidi cengengesan.
“Yo’i, bro.” Jawab gue enteng.

Sehari-hari gue juga pulang bareng Vidi. Pokoknya, di sekolah tuh pasti pada nyebut “dimana ada Vani pasti disitu ada Vidi.” Hehe agak lebay juga sih tuh anak-anak. Tapi emang nyatanya, hari-hari gue dari pagi ampe sore ada Vidiii terus, but gue ga pernah bosen. 

                Malemnya, gue lngsung tidur jam 9, gue ngantuk banget. Sampailah pada jam 23.30 ada yang ngetok pintu rumah gue. Brrr,, udah dingin, diluar ujan lagi. Gue jadi tambah takut.
“Siapa yah, yang malem-malem gini bertamu ke rumah gue?.”
Akhirnya gue bangunin adek gue buat nemenin, secara gue takut banget. Kretekkk perlahan pintu rumah gue buka. Dan ternyata...
“Eh, elo Vid, ngagetin gue aja. Ngapain lo malem-malem gini ke rumah gue?.” Tanya gue ngantuk.
“Ssstt..” dia bisikin gue biar adek gue suruh masuk.
Sekarang tinggal kita berdua... Dan ternyata dia bawain kue ulang tahun buat gue. Malem-malem gini?
“Van, sebenernya gue gak lupa sama hari ultah lo. Gue sengaja mau bikin kejutan buat lo di detik-detik terakhir elo ultah.” Jelas Vidi sambil senyum. Gue sempet meleleh tau gak liat senyum dia yang manis gila.
“Aduh, thanks a lot yah Vid, elo emang best friend gue.” Gue meluk Vidi.
“Biasa aja kali Van.” Dia senyum lagi. :)

                Lalu kita makan kue nya bareng-bareng. Sampe akhirnya Vidi pulang. Hari itu bener-bener ulang tahun termanis selama hidup gue. Entah kenapa akhir-akhir ini gue suka senyum-senyum sendiri. Kayaknya gue udah mulai suka sama Vidi.

                Vidi sama Gue berencana buat ikut Indonesian Idol di RCTI itu loh. Awalnya gue nolak mentah-mentah tawarannya Vidi buat ikutan itu kompetisi. Gue kan sadar kalo gue ga bisa nyanyi. Tapi Vidi tetep maksa gue buat ikutan. Dia bakalan ngelatih gue katanya. Jadi, okelah apa salahnya kita nyoba.

                Sejak saat itu, Vidi rajin ngelatih gue teknik-teknik bernyanyi yang bener. Kata dia sih, gue cepet bisa kalo dilatih.
“Modalnya cukup dengan elo suka musik. Itu aja.” Kata Vidi.
“Oke lah bro. Tapi gue tetep ngerasa kalo gue itu ga bisa nyanyi gitu. Sedangkan elo kan jago banget. Kok elo malah nyuruh gue buat ikutan Idol sih Vid?.”
Vidi cuma senyum dan ninggalin gue. Aneh banget tuh anak akhir-akhir ini. Dan hari itu pun tiba... Gue sama Vidi berangkat ke tempat audisi pagi-pagi. Secara gitu, antriannya bakalan ratusan ribu orang pastinya. Gue bawa gitar kesayangan gue, sedangkan Vidi ga bawa apa-apa. Gue sama sekali gak berharap bakalan menang. Malah gue berharap Vidi yang menang.

                Waktu itupun tiba, gue masuk ruang Audisi itu duluan. Gue nyanyi lagunya peterpen yang Cobalah itu, lagu favorit gue. Gue juga seneng bisa ketemu penyanyi-penyanyi terkenal di sini. Setelah gue nyanyi, tanpa gue sangka-sangka, komentar buat gue tuh ginih.
“Power kamu saat bernyanyi itu kuat banget.”
“Suara kamu itu harus dilatih lagi, keliatan banget tadi belum maksimal.”
“Penghayatan kamu itu dapet banget.”
Dan akhirnya 2 juri bilang YES buat gue, dan gue dapet golden ticket itu. Gue keluar ruangan dan langsung meluk Vidi. Vidi keliatan seneng tapi juga cemas karena setelah ini giliran dia. Gue nunggu di ruang tunggu sambil harap-harap cemas. Berdoa semoga Vidi juga dapet golden ticket. Dan ternyata bener, dia juga dapetin golden ticket dengan 3 YES dari juri. Horeee!!! Kita teriak sekenceng-kencengnya.

                Setelah itu, kita sama pesera lainnya di karantina. Kita ngersa deket banget waktu itu. Ketika tibalah pada babak eliminasi 100 besar, Vidi gak lolos ke 50 besar, tapi entah kenapa gue lolos. Vidi pun keliahatan kalo dia kecewa banget walaupun dia berusaha senyum sama gue. Jujur, gue ngerasa kehilangan banget, gak ada lagi yang bisa ngajarin gue kaya Vidi. Gue baru tereliminasi setelah gue masuk 15 besar. Sebagian orang udah mulai kenal gue. 

                Seperti biasa, gue masuk sekolah. Vidi kelihatan masih kecewa tapi berusaha tegar. Dia duduk sendirian di sudut kelas. Akhirnya gue deketin.
“Vid,” panggil gue nyentuh bahu Vidi.
Vidi langsung pergi ninggalin gue sendirian tanpa ekspresi apapun. Waktu pelajaran pun, dia kelihatan gak fokus dan sering melamun akhir-akhir ini. Gue ngerasa kehilangan Vidi yang dulu gue kenal. Vidi yang ceria, yang perhatian, dan deket sama gue. Sekarang kita itu jauh. Vidi kayaknya marah sama gue. Karena, dia yang ngajarin gue nyanyi kenapa malah dia yang gagal. Sekarang gue nyesel ikut Idol. 

Malemnya, gue nangis di kamar. Gue ngerasa bersalah banget sama Vidi. Sampe paginya gue ngeliat Vidi masih melamun di taman sekolah. Gue coba hampirin.
“Vidi,” sapa gue halus. Tapi, dia cuma diem aja.
“Vid, maafin gue ya. Gue gak bermaksud buat ngalahin elo. Gue ga bermaksud ngehianatin elo. Gue pengen kita itu kayak dulu lagi Vid. Gue kangen sama elo yang dulu, Vidi yang ceria, yang selalu ada di sisi gue.” Gue mulai terisak.
“Gue nyesel ikut Idol, kalo akhirnya bakalan gini. Gue cuma pengen yang terbaik buat elo Vid. Gue gak pengen ngecewain elo. Gue pengen... gue pengen best friend gue balik kaya dulu.” Gue nangis.
“Plis maafin gue Vid.” Vidi masih diem.
Tanpa gue sadarin, Vidi meluk gue dari belakang.
“Van, seharusnya gue yang minta maaf. Gue udah diemin elo tanpa alasan yang jelas. Udah yah jangan nangis lagi say.” Vidi nenangin gue.
“Vid, jujur g..g.ue c..cinta sama elo.” Kata gue terbata.
Vidi keliatan sedikit kaget gue ngomong gitu.
“Gue juga cinta sama elo Van.” :D
Sejak saat itu, kita berdua berjanji buat saling mendukung dan setia satu sama lain. Kita janji buat saling cinta selamanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBERONTAKAN YANG DIDALANGI PEMERINTAH KOLONIAL BELANDA

Review: Kepunan - Benny Arnas

Puisi (10): Refleksi Diri